Minggu, 23 Juli 2017 / 28 Syawwal 1438 H
Berita Detil

Senin, 19/06/2017  11:38 WIB

Mengajar dan Menanamkan Nilai Agama Islam Dimulai Sejak Dini

MengajardanMenanamkanNilaiAgamaIslamDimulaiSejakDini

Mengajar dan menanamkan nilai Agama Islam haruslah dimulai sejak dini, apabila anak besar nanti, mereka sudah memahami ajaran dan norma Agama yang mulia ini, yang akan menjadi perilaku sehari-hari bagi mereka.

Seperti halnya di SDN 12 Limo Suku Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, muridnya sudah rutin setiap hari menggelar shalat duha berjamaah. Lebih bangganya lagi, shalat langsung diimami murid sekolah itu.

"Kegiatan ini rutin kita gelar setiap hari sebelum mulainya jam pelajaran, mulai kelas satu hingga kelas enam, di mana ibadah ini digelar di lapangan sekolah, karena mengingat mushala yang ada tidak memadai untuk menampung jumlah murid tersebut," ujar Kepala SDN 12 Limo Suku, Suhaini, Rabu (14/6).

Tidak hanya itu, murid juga diikutkan untuk menggelar shalat dzuhur berjamaah, yang langsung diimami murid tersebut, di mana kegiatan itu sudah berjalan setahun belakangan.

 

"Khusus Ramadhan, selesai shalat duha dilanjutkan dengan Kultum, yang diikuti murid kelas tiga hingga enam, dengan pelaksanaan tiap hari, dan kelas yang berbeda," ujarnya.

Suhaini menjelaskan, kegiatan ini selain menyemarakkan keagamaan di sekolah, juga mendidik murid untuk terbiasa melaksanakan ibadah di rumah, sehingga nantinya siswa dapat memahami betapa penting dan mulianya nilai Agama Islam, bahkan dapat dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari, dan melatih diri untuk lebih taat beribadah.

Camat Sungai Pua, Syafrizal, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pihak sekolah tersebut. 

"Pendidikan Agama Islam sangatlah penting, dan memang seharusnya ditanamkan pada anak sejak dini," ujarnya.

"Bahkan saat ini mereka masih duduk di bangku Sekolah Dasar, dan besar nanti mereka dapat berbuat dan berperilaku sesuai dengan kaidah, dan norma yang diajarkan Agama Islam," ujarnya pula.

Syafrizal menyebutkan, di samping mengajarkan anak beribadah, kegiatan ini juga sejalan dengan gerakan Agam Madani, yang saat ini dikemas menjadi Nagari Madani yang tengah gencar-gencarnya di sosialisasikan Pemkab Agam kepada masyarakat.

 Disajikan Oleh : Bagian Hubungan Masyarakat
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: