31 Agustus 2017

-

Temu Ramah dan Silaturrahmi dengan Perantau Palembayan ( Malaysia & Indonesia) dengan Tema “ Mampaharek Silaturahmi antaro rantau jo kampuang halaman”

-

Melepas Pawai Takbiran dalam Rangka Menyambut dan Memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 M

» jadwal kegiatan lainnya

Rabu, 22 November 2017 / 3 Rabiul Awwal 1439 H
Berita Detil

Jumat, 20/10/2017  16:15 WIB

Kinerja Pelayanan Adminduk Kabupaten-Kota se-Sumbar Dievaluasi di Agam

Rakor Adminduk Se-Sumbar ke -4 Tahun 2017

Dinas Pengendalian Penduduk KB, dan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat, mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten/Kota se-Sumbar IV, di Hotel Maninjau Indah, Kamis (19/10) malam.

Forum Kepala Disdukcapil se-Sumbar tersebut di buka Bupati Agam, diwakili Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Agam Yosefriawan, dan dihadiri Kepala Dinas Pengendalian Penduduk KB, dan Pencatatan Sipil Sumbar H. Novrial, SE, MM, Ak, dan kepala serta sekretaris Disdukcapil se- Sumatera Barat.

Pada kesempatan itu, Yosefriawan mengungkapkan, Rakor Adminduk itu merupakan forum bagi pelaku Administrasi Disdukcapil kabupaten/kota se- Sumbar. Forum tersebut digelar secara bergiliran, di mana saat ini giliran Agam sebagai tuan rumah. Ini sangat bermanfaat untuk sharing informasi, tukar pengalaman, dan tempat bercengkrama.

"Dibalik itu, maknanya apa pun kendala yang selama ini dihadapi para pelaku Disdukcapil, dapat diminimalisir. Pelayanan Adminduk sangat sensitif, sebab salah sedikit banyak umpatan yang diterima dari masyarakat, tapi kita mengapresiasi pelayanan Adminduk Agam, tidak ada waktu yang kosong, bahkan hari libur tetap melakukan pelayanan ke- kecamatan, di samping pelayanan di kantor," ujarnya.

Lebih lanjut Yosefriawan mengungkapkan, berkat pelayanan yang diberikan Adminduk pada masyarakat, Disdukcapil Agam memperoleh penghargaan dari Pemprov Sumbar sebagai yang terbaik dalam melahirkan produktivitas pencatatan sipil tentang penerbitan akta. intinya forum ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan mengintrospeksi masalah pelayanan Adminduk yang diberikan pada masyarakat.

Di kesempatan yang sama Novrial mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk peningkatan kinerja Disdukcapil se-Sumbar. Dalam moment ini, pihaknya akan membahas segala bentuk permasalahan-permasalahan yang dihadapi sebelumnya, kemudian mencari solusi bersama. Diberikan kesempatan kepada Disdukcapil kabupaten/kota untuk melakukan perbaikan setelah digelar forum ini.

"Di samping itu, juga ada beberapa tema yang akan di perbincangkan dengan Disdukcapil kabupaten/kota, seperti permasalahan tentang sinergi data dengan imigrasi, masalah bagaimana imigrasi menggunakan data, masalah tentang pemakaian data pusat atau pelayanan, masalah tentang capaian DAK, dan masalah kunjungan Dirjen," ujarnya menjelaskan.

Ia mengungkapkan, dalam taraf nasional, Sumbar relatif di posisi atas dalam capaian kinerja untuk perekaman KTP. Saat ini Sumbar sudah mencapai 92 persen dari target 100 persen perekaman KTP hingga akhir tahun. Sedangkan, untuk akta 77,6 persen dari target 85 persen penerbitan akta hingga akhir tahun.

"Kita pakai dua indikator itu di tingkat nasional, dan berada pada posisi atas. Namun, ada sedikit masalah realisasi DAK yang akan dibahas dalam forum tersebut, karena Disdukcapil ada yang telat melakukan pengadaan, yang memang diadakan di APBD perubahan," ujarnya pula.

Lebih lanjut Novrial menyabutkan, kemarin pihaknya melihat pelayanan di Agam cukup bagus, baik peyanan di kantor maupun pelayanan keliling ke kecamatan. Dengan demikian, rencananya pelayanan keliling ke kecamatan di set pe-rtahun, dengan artian pihak kecamatan, unsur muspika, dan wali nagari sudah tau kapan warganya dikunjungi. Jika masyarakat mengetahui, yang datang pun banyak.

Selanjutnya, mereka duduk satu meja, masyarakat datang bisa dipastikan bawa dokumen. Semua pelayanan ini tanpa biaya, biayanya hanya datang ke kantor Adminduk, kalau tidak siap sehari tentu masyarakat datang kembali, sehingga pengeluaran masyarakat bertambah. (Tam/AMC)

 Disajikan Oleh : Bagian Hubungan Masyarakat
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: